Templates by BIGtheme NET

How to Train Your Dragon 3: The Hidden World
Home / Movie / One Piece Mencetak Rekor Di Guinness World Record Dengan 3,8 Juta Eksemplar

One Piece Mencetak Rekor Di Guinness World Record Dengan 3,8 Juta Eksemplar

1

Hiburan.Indolah.com – Komik One Piece ciptaan Eiichiro Oda telah mencetak rekor di Guinness World Record, dan kini volume ke-78 nya sudah dicetak 3,8 juta eksemplar.

Komik tentang bajak laut, One Piece, ciptaan Eiichiro Oda semakin laris manis dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Setelah mencetak rekor di Guinness World Record, volumenya yang ke-78 kini sudah dicetak sebanyak 3,8 juta eksemplar oleh penerbit Shueisha. Volume teranyar One Piece tersebut baru dirilis pada Jumat,, 3 Juli lalu di Jepang.

Sebelumnya, Shueisha merilis volume 77 dengan oplah awal sebanyak 3,8 juta kopi dan diedarkan pada bulan April lalu. Adapun volume 75 yang dirilis September lalu dipasarkan dengan oplah awal sekitar empat juta lebih. Shueisha sendiri sempat mengungkapkan strateginya saat memasarkan volume ke-77 adalah untuk ke konsumen lebih luas. Versi digital volume ke-77 itu sudah dirilis pada bulan Mei lalu.

Baca Juga : Vic Zhou & Vanness Wu Rencanakan Comeback F4?

“Selain publikasi cetak, (Shueisha) juga mendistribusikan komik yang digital, dan saluran penjualan kami yang meningkat,” Kata Shueisha.

Komik One Piece memang mendapat sambutan bagus dari konsumennya. Pada November 2011, volume ke-64 mencetak rekor dengan 4 juta cetak di Jepang pertama kalinya. Anime tentang petualangan bajak laut Luffy itu semakin laris penjualannya saat volume 67 diluncurkan pada Agustus 2012. Volume tersebut memegang rekor salinan paling banyak di cetakan pertama dengan 4,05 juta eksemplar untuk komik.

Puncaknya pada akhir Desember 2014, manga ini telah dicetak 320.866.000 eksemplar di seluruh dunia. Guinness World Record menobatkan komik One Piece sebagai, “Salinan paling banyak diterbitkan untuk seri buku komik yang sama oleh seorang penulis tunggal.”

Saat menerima penghargaan tersebut, Eiichiro Oda pun menyampaikan pernyataannya pada laman One Piece. “Terima kasih untuk sertifikasi ini di Guinness World Record. Manga adalah cara menyenangkan untuk melewatkan waktu, tetapi ketika saya menerima laporan yang mengatakan ‘melalui One Piece saya menjalin pertemanan,’ atau ‘melalui One Piece saya menemukan kekasih saya’, saya benar-benar bahagia,” ungkap Oda.

Ia menambahkan, “Saya tidak akan melupakan para pendahulu saya di dunia manga, rekan-rekan yang bekerja dengan saya, dan pembaca saya, dan mulai sekarang saya ingin terus menggambar sebuah karya yang tidak akan memalukan rekor ini.”

Acara penghargaan itu diadakan di Tokyo pada hari Senin lalu. Sayangnya Oda tidak hadir dan diwakili oleh editor Weekly Shonen Jump, Yoshihisa Heishi.

Eiichiro Oda meluncurkan komik One Piece pertama kali pada tahun 1997. Manga ini telah diterbitkan di lebih dari 30 negara, termasuk Indonesia. Serial televisi One Piece juga pernah ditayangkan di Indonesia, namun tidak ditayangkan kembali lantaran muncul kontroversi terkait kontennya.