Templates by BIGtheme NET

How to Train Your Dragon 3: The Hidden World
Home / Movie / Karakter Star Wars VII Ini Diambil dari Mendiang Guru Tertua

Karakter Star Wars VII Ini Diambil dari Mendiang Guru Tertua

Karakter Star Wars VII Ini Diambil dari Mendiang Guru Tertua

Maz Kanata di Star Wars: The Force Awakens yang terinspirasi mendiang Rose Gilbert, guru sekolah sutradara J.J. Abrams.

Indolah.com – J.J. Abrams, sutradara Star Wars: The Force Awakens ternyata memiliki cara yang mengharukan dalam mengambil inspirasi untuk film terbarunya itu. Diketahui, sosok yang ia hormati digunakan sebagai tampilan dasar salah satu karakternya.

Seperti dikutip dari The Hollywood Reporter, Kamis (24/12/2015), dalam sebuah wawancara dengan The Palisadian Post, Abrams mengungkapkan bahwa wajah mendiang guru SMA yang pernah mengajarnya, Rose Gilbert digunakan sebagai dasar untuk wajah Maz Kanata.

“Ya, karakter Maz aslinya berdasarkan dari Rose Gilbert yang hebat. Kami benar-benar ingin ceritanya terasa otentik, meskipun menjadi fantasi liar. Saya menyebut Rose dalam pertemuan cerita awal sebagai sesuatu yang abadi, sosok yang bijaksana yang saya benar-benar kenali di dalam hidup saya,” ungkap Abrams.

Mendiang Rose Gilbert sendiri disebut sangat identik dengan karakter Maz, yaitu selalu mengenakan kacamata dan ukuran tubuh yang kecil. Ia adalah guru SMA Palisades Charter sejak pertama kali dibuka pada 1961.

Gilbert kemudian pensiun di usia yang ke-94 pada tahun 2013 sebagai guru tetap tertua di L.A. Unified School District, seperti disampaikan Post. Sebelum pensiun, ia sempat mengajar tiga kelas Bahasa Inggris dalam ruangan kelas yang sama selama 51 tahun.

Abrams juga mengungkapkan bahwa desainer produksi Star Wars, Rick Carter juga merupakan murid Gilbert. “Ternyata desainer produksi, Rick Carter, juga pernah menjadi murid Bu Gilbert, 15 tahun sebelum saya,” terang Abrams.

Perihal tampilan Gilbert yang diberikan kepada Maz, J.J. Abrams berkata, “Sementara kami bereksperimen dengan banyak penampilan dan gaya sebelum menetapkan desain akhir karakter, Rose selalu berada di pusat inspirasi Maz. Rick dan saya berharap untuk menghubungi Rose dan menunjukkan padanya apa yang kami lakukan, tapi sedihnya ia sudah meninggal ketika kami sedang mempersiapkan filmnya.”

Baik sutradara Abrams maupun desainer produksi Rick Carter, keduanya mendatangi pemakaman Rose Gilbert pada Januari 2014 silam. Sang guru meninggal dunia di usianya yang ke-95 pada 16 Desember 2013.

Sosok Maz sendiri memang digambarkan sebagai karakter makhluk asing berwajah bijaksana dengan tubuh mungil. Sifatnya yang ramah mampu membuat Rey yang panik menjadi tenang. Maz juga bertindak sebagai teman lama Han Solo yang mengetahui salah satu rahasia di dalam kisah film ini.

Penampilan Maz yang disuarakan oleh aktris Lupita Nyong’o bisa disaksikan dalam Star Wars: The Force Awakens di bioskop-bioskop terdekat tanah air. Filmnya sudah memecahkan berbagai rekor sejak penayangannya.