Templates by BIGtheme NET

How to Train Your Dragon 3: The Hidden World
Home / Movie News / Kabar Duka, Pengisi Suara Gian ‘Doraemon’ Tutup Usia

Kabar Duka, Pengisi Suara Gian ‘Doraemon’ Tutup Usia

Pengisi suara karakter Gian di serial televisi Doraemon meninggal dunia di usia yang ke-80.

Hiburan.Indolah.com – Kabar duka kembali berhembus di ranah hiburan dunia, khususnya untuk penikmat anime. Kabar duka ini adalah meninggalnya Kazuya Tatekabe, seorang aktor pengisi suara senior asal Jepang. Pengisi suara kelahiran Hokkaido, Jepang 25 Juli 1934 ini meninggal pada Kamis 18 Juni lalu. Seperti dilansir, kabar duka dilaporkan oleh jaringan pers Jepang 47 News dan Nikkan Sports. Kedua situs tersebut menyebutkan jika, pengisi suara Gian dari serial orisinil Doraemon (1979) meninggal dunia. Kazuya meninggal di usia yang ke-80 dikarenakan gagal pernapasan akut.

Kazuya Tatekabe memulai karirnya sebagai pengisi suara karakter Takeshi Goda di serial televisi Doraemon yang berlangsung dari tahun 1979 hingga tahun 2005. Takeshi Goda adalah nama lengkap dari karakter bertubuh tambun yang lebih sering dipanggil dengan nama Gian atau Jaiyan. Karakter Gian ini merupakan salah satu dari 5 karakter utama serial Doraemon yang terdiri dari Doraemon, Nobita, Shizuka, Suneo dan Gian. Untuk Gian sendiri lebih dikenal sebagai teman yang suka mengerjai Nobita, meskipun terkesan jahat, Gian juga merupakan karakter yang selalu membantu Nobita jika mereka sedang berpetualang bersama Doraemon.

Tatekabe merupakan alumni dari Universitas Nihon jurusan Teater. Semasa hidupnya Tatekabe juga merupakan anggota dari komunitas teater Izumima. Tatekabe tidak hanya terlibat dalam serial televisi Doraemon saja, tetapi juga pernah mengisi suara Gian di beberapa film panjang Doraemon, seperti Doraemon: Nobita’s Dinosaur (1980), Doraemon: The Records of Nobita, Spaceblazer (1981), Doraemon: Nobita and the Animal Planet (1990), Doraemon: Nobita and the Galaxy Super-express (1996), Doraemon: Nobita and the Legend of the Sun King (2000), dan Doraemon: Nobita in the Wan-Nyan Spacetime Odyssey (2004).

Tatekabe Yakuza mengisi suara Gian terakhir kali di film panjang Doraemon tahun 2004 lalu. Setelahnya tempat pengisi suara Gian yang dia tinggalkan diisi oleh Subaru Kimura pengisi suara berdarah Jerman-Jepang.

Film-film animasi lainnya yang juga pernah memakai suara Tatekabe adalah Yatterman sebagai Tonzura, Roubaul di FairyTailand, Kolonel Tonoda dalam film Ghost in the Shell: Stand Alone Complex: Solid State Society. Bagi para pemerhati anime, dan penikmat serial Doraemon, pastinya akan selalu mengingat suara khas Tatekabe dalam bungkus tingkah kocak Gian. Selamat jalan Tatekabe.