Templates by BIGtheme NET

How to Train Your Dragon 3: The Hidden World
Home / Movie News / Jurassic World Pecahkan Rekor Film Di Amerika

Jurassic World Pecahkan Rekor Film Di Amerika

Kalahkan rekor The Avengers, Jurassic World raih pendapatan akhir pekan tertinggi di box office Amerika Utara sepanjang masa.

Hiburan.Indolah.com – Angka box office aktual akhirnya keluar, dan ternyata film Jurassic World berhasil lampaui estimasi. Sempat diperkirakan bakal jadi film dengan pendapatan awal tertinggi kedua sepanjang masa di bawah The Avengers (raih 207,4 juta dolar AS di tiga hari pertama tahun 2012), Jurassic World justru “mengamuk” dengan total 208,8 juta dolar AS di tiga hari pertamanya. Artinya, sekuel ketiga dari Jurassic Park ini resmi jadi film dengan pendapatan akhir pekan tertinggi sepanjang masa di bioskop AS dan Kanada, dan tentu saja ia meluncur ke posisi pertama box office akhir pekan kemarin.

Dengan modal produksi sekitar 150 juta dolar AS, Jurassic World berhasil meraih laba hanya dalam satu weekend. Dan dengan respons demikian, film ini berpotensi menjadi salah satu film terlaris di tahun 2015. Prestasi Jurassic World pun berlaku secara global. Dirilis nyaris bersamaan di 66 teritori dunia (termasuk Indonesia), terhitung per 14 Juni, Jurassic World dilaporkan raih 524,1 juta dolar AS. Ini adalah pertama kalinya sebuah film raih pendapatan di atas 500 juta dolar AS kurang hanya dalam satu akhir pekan.

Ini merupakan kesuksesan terbesar dari franchise tentang dinosaurus ini sejak film pertamanya, Jurassic Park (1993). Pada masanya, Jurassic Park berhasil membombardir box office dengan meraih 357 juta dolar AS di Amerika Utara, dengan biaya produksi “hanya” 63 juta dolar AS. Ditambah dengan beberapa perilisan ulang, Jurassic Park kini meraih total pendapatan 1,029 miliar dolar AS di seluruh dunia. Sementara dua sekuel setelahnya tak mampu menandingi. The Lost World: Jurassic Park (1997) hanya raih total 618,6 juta dolar AS di seluruh dunia, dan Jurassic Park III (2001) kumpulkan 368,7 juta dolar AS. Dengan respons yang lebih positif, Jurassic World berpotensi dapat melampaui angka-angka tersebut selama masa tayangnya.

Keganasan Jurassic World rupanya berpengaruh pada studio lain dalam hal strategi merilis film-filmnya. Akhir pekan kemarin, tidak ada film baru yang rilis berbarengan dengan Jurassic World, sehingga penghuni 10 besar masih diwarnai judul-judul yang sudah ada pekan sebelumnya. Satu-satunya penghuni baru di 10 besar adalah film Love & Mercy, yang sebelumnya sudah dirilis terbatas. Di pekan keduanya, film tentang salah personel band asal AS, The Beach Boys ini naik ke posisi 10 dengan raihan 1,6 juta dolar AS di akhir pekan kemarin.

Juara pekan sebelumnya, film action komedi Spy tergeser ke posisi dua dengan raihan 15,6 juta dolar AS. Meski penambahannya tergolong lambat (sejauh ini total 56,5 juta dolar AS setelah 10 hari), pendapatan yang diraih film yang dibintangi Melissa McCarthy dan Jason Statham ini hanya mengalami penurunan 46 persen dari akhir pekan sebelumnya, termasuk stabil dibandingkan film-film besar pada umumnya.