Templates by BIGtheme NET

How to Train Your Dragon 3: The Hidden World
Home / Movie / George Clooney Dalam ‘The Sentry’ Selidiki Konflik Di Daerah Africa

George Clooney Dalam ‘The Sentry’ Selidiki Konflik Di Daerah Africa

Hiburan.Indolah.com – George Clooney bukan saja giat dalam akting, penyutradaraan, produksi film, maupun penulisan skenario, tapi juga aktivis sosial yang kritis dan peka terhadap ketidakadilan. Salah satu buktinya, pada Senin, 20 Juli lalu, Clooney telah memprakarsai sebuah proyek bernama The Sentry untuk mencari tahu aliran uang yang masuk dan keluar di daerah-daerah konflik di Afrika.

The Sentry yang diprakarsai Clooney bersama aktivis HAM Amerika Serikat, John Prendergast, ini ingin menguak siapa saja pihak-pihak yang mendanai serta mencari keuntungan dari konflik-konflik mematikan di benua Afrika. Proyek yang dibuat oleh aktor berusia 54 tahun ini juga bertujuan untuk memerangi korupsi di zona-zona yang dilanda peperangan.

Baca Juga : Perilaku Nakal Di Masa Kecil Tanda Sukses Di Masa Depan?

“Pengaruh nyata dari kedamaian dan penerapan hak-hak asasi manusia akan muncul ketika orang-orang yang mencari keuntungan dari perang akan menerima hukuman dari kerusakan yang sudah mereka timbulkan,” ujar George Clooney.

Menurut peraih dua piala Oscar ini, guna menguak bagaimana sebuah konflik didanai dan keuntungan finansial darinya dihasilkan, The Sentry menggunakan beberapa cara, seperti pengumpulan data, penelitian lapangan dan teknologi analisa. Cara-cara itu difasilitasi oleh sebuah website yang mendorong orang-orang secara anonim untuk memberikan petunjuk dan informasi rahasia terkait aliran uang di zona konflik.

The Sentry diharapkan mampu menyelidiki pola pendanaan konflik yang terjadi mulai dari Timur Laut hingga ke Afrika Tengah. Negara-negara yang berada di dalam kawasan itu dan sedang dilanda konflik, antara lain Democratic Republic of Congo, Sudan, dan Central African Republic.

Inisiatif untuk membuat The Sentry ini muncul karena sebuah studi yang dilakukan Project for the Study of the 21st Century (PS21) pada awal tahun ini menyatakan bahwa korban tewas di daerah-daerah konflik paling mematikan di dunia meningkat hingga 28 persen pada tahun 2014. Lima negara Afrika masuk dalam daftar 10 negara yang memiliki konflik paling mematikan tersebut.

The Sentry ini sendiri bukan kerja sama pertama kali antara George Clooney dengan John Prendergast. Pada tahun 2010, mereka juga meluncurkan Satellite Sentinel Project yang bertujuan untuk memetakan tindakan-tindakan pelanggaran hak asasi manusia di dunia dengan menggunakan satelit.

Selain George Clooney dan John Prendergast, The Sentry juga didukung oleh organisasi Not On Our Watch, yang didirikan oleh aktor-aktor Hollywood, seperti Brad Pitt, Matt Damon dan Don Cheadle.