Templates by BIGtheme NET

How to Train Your Dragon 3: The Hidden World
Home / Movie / Film Korea Tentang Suami Istri Lanjut Usia Menangi Penghargaan

Film Korea Tentang Suami Istri Lanjut Usia Menangi Penghargaan

My Love, Don’t Cross That River secara sederhana berusaha menggambarkan cinta dan perpisahan oleh kematian dari sepasang kekasih yang sudah berumur. Tidak disangka, kisah ini menarik perhatian lebih

Hiburan.Indolah.com – Film dokumenter bercita rasa lokal Korea Selatan yang berjudul My Love, Don’t Cross That River (Nima, Geu Gangul Geonneoji Mao) memenangi penghargaan dalam Los Angeles Film Festival tahun ini. Dokumenter yang mengisahkan pasangan suami istri adiusia, Jo Byeong-man (98) dan Kang Kye-yeol (89) ini dinobatkan sebagai film dokumenter terbaik oleh juri festival setelah ditayangkan di Amerika Utara untuk pertama kalinya pada festival tersebut. Festival ini sendiri diadakan dari tanggal 10-18 Juni ini.

Kekhususan dokumenter karya sutradara Jin Mo-young ini tak lain dari penyajian momen-momen personal dalam keseharian pasangan suami istri Byeong-man & Kye-yeol. Sutradara Mo-young mengikuti keduanya dan merekam keseharian keduanya, mulai dari menyapu halaman, memetik bunga, hingga memasak bersama di dapur. Narasi yang ditawarkan filmnya bukan yang menjanjikan dramatisasi tapi lebih kepada etnografi kehidupan keduanya di tahun pernikahan mereka yang ke-76. Lewat film ini, penonton diajak untuk menguntit keseharian keduanya hingga momen penentu yang akan disajikan dalam film.

My Love, Don’t Cross That River secara sederhana berusaha menggambarkan cinta dan perpisahan oleh kematian dari sepasang kekasih yang sudah berumur. Tidak disangka, kisah ini menarik perhatian lebih dari 4,8 juta penonton untuk datang menyaksikannya di bioskop-bioskop Korea Selatan tahun lalu. Angka itu dipandang sebagai sebuah kesuksesan besar sebuah film indie dalam sejarah perfilman Korea Selatan.

Keunggulan dari film indie satu ini, di mata para kritikus film Korea Selatan, adalah kisah cintanya yang mampu menyentuh perasaan penonton dari segala usia, terlebih kisah tersebut benar-benar ada di kehidupan nyata. Premis sederhana tentang cinta antara pria berumur 98 tahun dengan wanita berusia 89 dan telah menjalin cinta selama 76 tahun ini justru menjadi magnet kuat penonton.

“Sedikit yang menyadari ketika aku mengerjakan film dengan tema percintaan antara pasangan suami istri berusia lanjut,” ungkap Mo-young melalui distributor film domestik, Daemyung Culture Factory Co. Jumlah penonton yang mencapai 4,8 juta itu seakan menjadi mimpi yang menjadi kenyataan bagi Mo-young. “Harapanku untuk merangkul penonton sebanyak yang memungkinkan dari tanah airku sendiri akhirnya terwujud,” tambahnya.

Prestasi itu kini bertambah berkat kemenangan My Love, Don’t Cross That River di ajang Los Angeles Film Festival yang sudah berusia 21 tahun ini. Sebanyak 74 film panjang dan 60 film pendek diputar di festival tersebut. Menanggapi kemenangan film ini, Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan, Kim Jong-deok, langsung memberikan ucapan selamat.

“Memenangkan penghargaan ini membuka kesempatan supaya kreativitas artistik sineas Korea dikenal secara luas dan yang pasti menaikkan status dari perfilman Korea,” ujar Jong-deok dalam sebuah ucapan selamat kepada Mo-young. Seperti apa pendekatan Mo-young dalam merekam kehidupan pasangan Jo Byeong-man (98) dan Kang Kye-yeol (89) ini? Intip sedikit dalam trailer di bawah ini.