Templates by BIGtheme NET

How to Train Your Dragon 3: The Hidden World
Home / Movie / Duka Tersembunyi Umur Abadi

Duka Tersembunyi Umur Abadi

Film drama The Age of Adaline gambarkan kehidupan panjang seorang wanita yang tak pernah menua.

Hiburan.Indolah.com – Sering kita dengar bahwa manusia berharap hidup berumur panjang, dan lebih banyak lagi yang ingin tidak jadi tua, atau paling tidak penuaan itu tertunda. Lalu bagaimana bila kedua hal itu benar-benar terjadi? Ide inilah yang mendasari The Age of Adaline, sebuah film drama roman garapan sutradara Lee Toland Krieger. Film ini menuturkan kisah seorang wanita yang selama delapan dekade hidup dalam tubuh yang tetap berusia 29 tahun. Dan, bahwa itu bukan sepenuhnya sebuah berkah.

Adaline Bowman (Blake Lively) lahir tepat pada Tahun Baru 1908 di San Francisco. Kehidupannya normal saja, sampai ia menikah dengan seorang pemuda, dan melahirkan seorang putri bernama Flemming. Malang, ia harus menjanda beberapa tahun sesudahnya. Suatu ketika, Adaline mengalami kecelakaan di tengah hutan, dan sebuah fenomena alam membuatnya hidup kembali dengan sebuah keajaiban: sejak itu, sel-sel tubuhnya tidak menjadi tua.

Demi hidup “normal” dan menghindari polemik berkepanjangan, Adaline terpaksa meninggalkan putrinya, hidup berpindah-pindah setiap 10 tahun, gonta-ganti identitas baru, dan menghindari kedekatan dengan orang lain. Selama hampir satu abad berkelana, memperkaya ilmu, dan hanya sesekali menemui sang putri, yang tentu saja lama-lama terlihat lebih tua (diperankan Ellen Burstyn) dari pada sang ibu. Kedatangan seorang pemuda bernama Ellis (Michiel Huisman) jadi berbeda. Adaline—menggunakan nama Jenny, mulai berani membuka diri. Namun, ketika kedekatan itu mulai terjalin, jati diri Adaline yang sesungguhnya pun terancam akan terbongkar.

Diusung sebagai film drama roman dengan unsur fantasi, The Age of Adaline adalah sebuah karya orisinal dari penulis skenario J. Mills Goodloe dan Salvador Paskowitz. Sebagaimana tuntutan ceritanya, film ini menampilkan kilasan kehidupan sang tokoh utama melewati berbagai zaman, khususnya di Amerika Serikat, dari era 1900-an hingga masa kini. Akan tetapi, pembuat filmnya menegaskan bahwa film ini punya esensi yang cukup sederhana, yaitu mengapa menjadi tua dan mati adalah sesuatu yang berharga.

Baca Juga: Aktor-Aktris Terluka Parah Saat Pembuatan Film

“Ini adalah film dengan ide besar tentang bagaimana rasanya bila tidak bertambah umur. Adaline berada dalam usia ideal sepanjang hidupnya. Kita akan mengira bahwa itu sesuatu yang sangat menyenangkan—seumur hidup tampil dalam kondisi paling prima, menjadi pandai bijaksana dan tidak menua. Tetapi, Adaline melihat anaknya sendiri menjadi dewasa dan menua, dan ia mulai berharap ia juga bisa mengalami hal itu,” jelas produser Gary Lucchesi.

Esensi ini pula yang kemudian diambil oleh sutradara Krieger dalam mengeksekusi filmnya. “Saya tidak pernah membaca (skenario atau cerita) mana pun yang fokus pada indahnya menjadi tua. Dunia kita saat ini terlalu terobsesi dengan kemudaan dan penampilan luar. Menurut saya, (cerita) ini adalah sebuah ide yang menyentuh,” ungkap Krieger.

Peran Adaline tentunya menjadi tantangan bagi aktris Blake Lively. Terkenal lewat peran-peran remaja dalam film The Sisterhood of Traveling Pants dan serial Gossip Girl, kini dituntut untuk menjadi wanita yang berangsur-angsur tua, hingga usia satu abad, tetapi tidak terlihat dari penampilan luarnya. “Saya harus memainkan banyak wanita dalam satu tubuh. Adaline hidup melalui zaman yang berbeda-beda, tetapi ia tidak boleh jadi wanita yang rapuh. Dia cukup cerdas untuk terus berevolusi dan berubah mengikuti zaman, tetapi ia tetapi orang yang sama,” ungkap Blacke Lively.

The Age of Adaline turut dibintangi Harrison Ford, Kathy Baker, Lynda Boyd, dan Amanda Crew. Film ini sendiri sudah dirilis di AS akhir April lalu dengan sambutan yang cukup baik, dengan bertahan di posisi tiga besar selama tiga pekan berturut-turut di box office, sekalipun digempur film-film besar seperti Fast & Furious 7 dan Avengers: Age of Ultron. Film ini akan tayang midnight show pekan ini sebelum dirilis reguler di bioskop-bioskop Indonesia. Trailer-nya bisa dilihat di bawah ini.