Templates by BIGtheme NET

How to Train Your Dragon 3: The Hidden World
Home / Movie / Dji Malaikat Maut Yang Kesusahan Mencabut Nyawa

Dji Malaikat Maut Yang Kesusahan Mencabut Nyawa

Film pendek animasi karya Dmitri Voloshin, Dji. Death Fails, ini menampilkan sosok malaikat pencabut nyawa dalam menjalankan tugasnya.

Hiburan.Indolah.comFilm animasi membuka peluang lebih luas dalam ruang penceritaan, terutama dalam hal membuat reka-percaya (make believe). Dalam konteks ini, film animasi mampu menampilkan hal-hal yang tidak mungkin jika dipresentasikan dalam versi live-action. Ada celah-celah kosong dalam film live-action yang bisa diisi oleh film animasi.

Hasilnya, seringkali penyajian lewat gambar animasi untuk sebuah peristiwa dan pengadegan dari skenario malah dampaknya bisa lebih mengena dan menonjok bagi penonton. Bukti paling gampang dalam hal ini adalah film-film produksi Pixar, sebut saja franchise Toy Story, WALL-E, Up, The Blue Umbrella. Atau, perhatikan animasi dalam film Sokola Rimba (Riri Riza, 2013) untuk memperlihatkan salah satu ritual masyarakat suku anak dalam.

Film Dji. Death Fails karya sutradara Dmitri Voloshin adalah bukti lainnya. Dji. Death Fails menerapkan formula cerita yang mirip dengan film-film animasi pendek Pixar. Yakni, menampilkan sudut-sudut pandang terpencil cerita dari sebuah narasi yang lebih besar. Misalnya, The Blue Umbrella yang berkisah tentang romantika dua buah payung dalam sebuah kerumunan masyarakat kota di tengah guyuran hujan. Hal sama juga diterapkan Dji. Death Fails.

Film animasi pendek ini mengangkat cerita tentang kematian, tapi dari perspektif yang bukan kasat mata, yaitu apa yang terjadi pada seseorang ketika peluang hidupnya sudah hampir pasti tidak ada. Kualitas teknik animasi yang ceritanya ditulis oleh Serdar Djumaev, Vadim Novak dan Dmitri Voloshin ini juga berusaha untuk mengejar mutunya Pixar.

Cerita Dji. Death Fails adalah tentang Dji. Dengan jubah hitam yang menutupi tubuh tulang-belulangnya, maka Dji adalah representasi kematian. Berkat referensi-referensi pengetahuan agama kita bercampur dengan visual-visual dari budaya populer tentang kematian kemudian mengidentifikasikan Dji sebagai sang malaikat pencabut nyawa.

Memang betul. Dji bertugas mengangkat roh dari tubuh seorang pria yang akan meninggal dunia. Menurut jadwal yang diterima Dji, si pria ini semestinya akan wafat. Namun ternyata ada kehendak yang lebih besar dan berkuasa daripada jadwal yang dipegang Dji. Kehendak ini membuat Dji jadi susah-payah menjalankan tugasnya.

Walhasil, kelucuan-kelucuan pun terjadi. Ya, Dji. Death Fails memang film animasi yang ingin melucu, seperti halnya film-film animasi Pixar. Sehingga, kematian yang merupakan sebuah keniscayaan itu tak tampak sebagai hal yang menyeramkan. Di sinilah kisah Dji. Death Fails (2012) menampakkan unsur black comedy-nya. Tonton film animasi pendek Dji. Death Fails di bawah.