Templates by BIGtheme NET

How to Train Your Dragon 3: The Hidden World
Home / Movie / DarkMatter2525 Kritik Hollywood ‘Kepala Botak Bukan Orang Jahat’

DarkMatter2525 Kritik Hollywood ‘Kepala Botak Bukan Orang Jahat’

Hiburan.Indolah.com – Para filmmaker Hollywood mendapat satu kritikan amat tajam yang diperkuat analisa menarik dari pengguna YouTube dengan nama akun DarkAntics. Video bertajuk Problematic yang diunggah DarkAntics tersebut memuat kritik terhadap Hollywood yang ternyata sangat sering mendeskripsikan para tokoh antagonis dalam berbagai film dengan ciri fisik kebotakan.

Sang pelontar kritik, yang memiliki nama alias DarkMatter2525, pun berkepala plontos. Absennya rambut di kepalanya bukanlah kesengajaan, tapi akibat alocepia areata, yakni kelainan genetik yang membuat kepala alami kebotakan. Makanya, DarkMatter2525 membeberkan keluh kesahnya secara panjang lebar tentang hidup dengan kondisi berkepala botak di tengah masyarakat modern yang kerap diterpa film-film blockbuster Hollywood yang memiliki tokoh antagonis berkepala botak.

Baca Juga : Tanah Longsor Di Nepal Mengakibatkan 17 Orang Tewas

Sebab, menurut DarkMatter2525, karakterisasi tokoh antagonis seperti itu ikut mendorong terciptanya sterotipe dan imej negatif terhadap orang-orang yang berkepala botak, tanpa disadari masyarakat. Di seperempat akhir video Problematic yang berdurasi sekitar 17 menit ini, DarkMatter2525 mencurahkan perasaan dan sepenggal pengalamannya akibat sudah menancapnya di benak masyarakat tentang stereotipe bahwa orang berkepala plontos punya karakter yang tidak baik.

Kondisi ini adalah dampak dari film-film Hollywood, katanya. Ia memaparkan banyak karakter antagonis dalam berbagai film terkenal nan laris yang berkepala botak. Mulai dari karakter dari level begundal, bos penjahat, pembunuh bayaran, serial killer, supervillain hingga alien pun tak memiliki rambut di kepalanya (Ya, sosok alien ganas dalam franchise Alien memang berkepala plontos, bukan?)

Lebih detail lagi, coba tengok Lex Luthor, musuh besar Superman; lawan Daredevil, Bullseye; tokoh serial killer legenderis dalam Se7en, John Doe; tokoh antagonis The Matrix, Cypher; Darth Maul dalam Star Wars; Bane dalam The Dark Knight Rises; Obadiah Stane dalam Iron Man; musuh Harry Potter, Voldemort; Gollum dalam franchise The Lord of the Rings; dan, para war boys dalam Mad Max: Fury Road.

Tak hanya itu. Menurut DarkMatter2525, penciptaan sterotipe bahwa berkepala botak sebagai ciri orang jahat ataupun memiliki sifat tak baik juga diperlihatkan lewat tokoh protagonis dalam banyak film-film Hollywood. Sebab, semua lawan para tokoh antagonis memiliki rambut lebat di kepalanya. DarkMatter2525 juga memaparkan tentang perubahan karakter tokoh yang mulanya protagonis (kepalanya berambut) tapi kemudian jadi jahat (kepalanya plontos).

Supaya lebih jelas, para indolah simak penjelasan menarik sekaligus kocak dari si botak ini dalam video di bawah.