Templates by BIGtheme NET

How to Train Your Dragon 3: The Hidden World
Home / Movie / Bila Temukan Sepatu The Wizard Of Oz Maka Akan Diberi Uang Rp.1.3 M

Bila Temukan Sepatu The Wizard Of Oz Maka Akan Diberi Uang Rp.1.3 M

www.indolah.com

Hiburan.Indolah – Sepenggal dialog, “Tiada tempat seperti rumah”, menjadi penutup film klasik Hollywood, The Wizard of Oz (1939). Kalimat yang diucap oleh tokoh Dorothy (diperankan Judy Garland) dalam filmnya itu membawa dampak besar bagi seorang penggemar filmnya. Seorang penggemar berat filmnya menawarkan hadiah sejuta dolar AS atau setara Rp 1,3 miliar bagi siapa pun yang mengetahui petunjuk keberadaan selop berhias batu rubi yang dipakai Judy Garland dalam film tersebut.

Selop berhias batu kelap-kelip berwarna merah yang dinamakan Ruby Slipper ini hanya dibuat empat pasang saja dalam proses pengerjaan filmnya. Keempatnya kemudian disimpan di di museum di kampung halaman Garland. Grand Rapids, Minnesota. Sayangnya, satu pasang selop tersebut dicuri pada Agustus 2005.

Baca Juga : Keong Sawah Kuah Santan

Direktur Eksekutif museum, John Kelsch, mengatakan kepada Reuters, ada seorang penyandang dana asal Arizona, yaitu penggemar berat film itu, datang menawarkan hadiah tersebut dua pekan yang lalu, setelah museum menggelar festival Wizard of Oz. “Ia mendengar upaya kami,” kata Kelsch dan menambahkan bahwa hadiah itu untuk pemberitahuan yang bisa memastikan tempat di mana selop itu berada dan siapa nama pencurinya.

Menurut polisi, kejadian hilangnya selop tersebut terjadi hanya dalam satu menit. Polisi yang berusaha mencarinya hanya berhasil menemukan hiasan selopnya saja. Kelsch mengatakan bahwa selop yang yang dipajang di museum sekarang adalah tiruannya, dengan penanda bahwa keberadaan selop asli tidak diketahui. Kelsch memprediksi harga selop tersebut diperkirakan mencapai dua sampai tiga juta dolar AS jika dilelang.

Harga tersebut dinilai pas untuk menggambarkan popularitas film Wizard of Oz di perfilman AS. Library of Congress mencatat bahwa film yang diangkat dari novel L. Frank Baum ini menjadi film yang paling banyak ditonton sejak dirilis tahun 1939. Salah satu faktor pendukungnya tak lain karena The Wizard of Oz ajeg diputar di jaringan televisi sejak awal tahun 1950-an. Salah satu penulis ternama dunia, Salman Rushdie, memuji The Wizard of Oz berhasil mengangkat nilai-nilai pada diri manusia yang tak lekang oleh waktu. Di saat yang sama The Wizard of Oz memunculkan ide-ide provokatif.

Film fantasi yang mengisahkan petualangan Dorothy, Scarecrow, Cowardly Lion, dan Tin Man ini sendiri menjadi salah satu nominasi Best Picture Academy Awards. Dari enam nominasi yang didapat, The Wizard of Oz pulang membawa dua piala, yakni Best Ost dan Best Original Score. Sementara di era modern, sutradara Sam Raimi membuat prekuel filmnya dengan judul Oz, The Great and Wonderful (2013).