Templates by BIGtheme NET

How to Train Your Dragon 3: The Hidden World
Home / Movie / Battle Of Surabaya Akan Bersaing Dengan Inside Out Di Box Office

Battle Of Surabaya Akan Bersaing Dengan Inside Out Di Box Office

www.indolah.com

Hiburan.Indolah.com – Upaya film Indonesia untuk menggaet penonton dari godaan film Hollywood semakin berat pada Agustus nanti. Sebab, film animasi 2D Indonesia, Battle of Surabaya, bakal berhadapan dengan animasi bikinan Pixar, Inside Out, di bioskop-bioskop Tanah Air. Menurut Imdb, Inside Out akan tayang di Indonesia pada 19 Agustus 2015. Sedangkan, film animasi MSV Pictures, Battle of Surabaya, akan dirilis di bioskop sehari setelahnya.

Berbicara soal produksinya, Inside Out diarahkan oleh oleh sutradara film nomine Oscar, Pete Docter. Pria kelahiran 46 tahun silam ini sudah menelurkan beberapa film animasi yang laris dan meraih ulasan positif dari para kritikus, seperti Up, Toy Story, Wall-E, Up, dan Monster University. Tak heran jika Inside Out juga menuai pujian dari banyak kritikus film ketika diputar dalam sesi non kompetisi Festival Film Cannes lalu.

Baca Juga:  Film The Good Dinosaur Mengubah Sejarah Nenek Moyangnya

Inside Out, dinilai Associated Press, layaknya film Inception versi Pixar yang memadukan cerita di dunia nyata dan pikiran. Kisahnya Inside Out tentang isi kepala gadis berusia 11 tahun, Riley. Di dalam kepalanya, ada lima wujud emosi, yakni Joy (Amy Poehler), Sadness (Phyllis Smith), Fear (Bill Hader), Anger (Lewis Black), and Disgust (Mindy Kaling). Kelima emosi ini kerap berseteru tentang cara terbaik bagi Riley dalam menghadapi kehidupan di kota, rumah dan sekolah yang baru.

Inside Out telah dirilis di Amerika lebih dulu daripada Indonesia pada 29 Juni lalu. Setelah dua pekan penayangannya, Inside Out berhasil merebut tahta Jurassic World di puncak box office. Sejauh ini, total pendapatan box office film Inside Out telah menyentuh angka 552 juta dolar AS, dengan kontribusi sebesar 322 juta dolar AS dari box office domestik.

Sementara Battle of Surabaya telah mengumpulkan penghargaan di tingkat internasional, walau filmnya belum dirilis. Antara lain, Most People’s Choice Award IMTF (International Movie Trailer Festival) 2013 dan menjadi nomine Best Foreign Animation Award 15th Annual Golden Trailer Award 2014. Battle of Surabaya pun sempat ditawar oleh Walt Disney, tapi MSV Pictures belum dapat memutuskan lebih lanjut.

Battle of Surabaya telah menghabiskan biaya Rp 15 miliar untuk tiga tahun penggarapan. Sutradara Aryanto Yuniawan melibatkan 180 animator profesional dalam pembuatannya. Film animasi ini juga menggunakan teknologi Dolby Sound 7.1, seperti yang juga dipakai oleh film-film blockbuster Hollywood, sebut saja Avengers dan Transformer.

Kisah Battle of Surabaya adalah tentang petualangan Musa, bocah 13 tahun yang bekerja sebagai tukang semir sepatu. Ia lalu menjadi kurir pesan rahasia untuk para pejuang dan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dalam peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Film animasi ini menggandeng penyanyi Maudy Ayunda dan Aktor Terbaik FFI Reza Rahadian sebagai pengisi suara. Keseruan film ini dapat disaksikan serentak di bioskop pada 20 Agustus 2015.