Templates by BIGtheme NET

How to Train Your Dragon 3: The Hidden World
Home / Movie / Acara Televisi ‘Finding Your Roots’ Ditunda Karena Telah Melanggar Aturan

Acara Televisi ‘Finding Your Roots’ Ditunda Karena Telah Melanggar Aturan

Hiburan.Indolah.com – Siaran acara televisi Finding Your Roots season ketiga di stasiun TV Public Broadcasting Service (PBS) akhirnya ditunda sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan. Penyebabnya karena episode Finding Your Roots tentang Ben Affleck telah melanggar peraturan PBS. Akibat penundaan ini, masa depan acara televisi yang dipandu oleh profesor sejarah Universitas Harvard Henry Louis Gates Jr. ini jadi suram.

“PBS dan WNET (stasiun televisi publik yang fokus pada pendidikan, red) memutuskan bahwa para co-producer seri televisi ini telah melanggar aturan PBS, karena gagal untuk melindungi proses kreatif dan redaksi dari pengaruh yang salah, dan tidak menginformasikan PBS atau WNET tentang upaya Affleck untuk memengaruhi isi acara,” ujar PBS dalam pernyataan tertulis, seperti dikutip The Guardian pada 25 Juni lalu.

Baca Juga : Baby Sexyola: Cowok Perut Buncit Itu Seksi

Seperti sudah diberitakan sebelumnya pada April lalu, upaya Ben Affleck (Good Will Hunting, Argo, Gone Girl, Batman v Superman: Dawn of Justice) untuk mengintervensi redaksi acara televisi Finding Your Roots ini terbongkar karena dibocorkannya 30 ribu email Sony Pictures Entertainment oleh WikiLeaks. Ribuan email itu sendiri bisa terpapar ke publik karena Sony diretas oleh kelompok hacker Guardians of Peace pada Desember 2014.

Ben Affleck sengaja merecoki redaksi Finding Your Roots karena tak ingin fakta tentang leluhurnya yang memiliki budak di era Perang Revolusi Amerika terekspos dalam siaran episode tentang dirinya. Padahal, selama ini redaksi Finding Your Roots belum pernah diintervensi pihak luar terkait konten acaranya. Bagian sensitif soal asal-usul keluarga Ben Affleck itu sendiri memang tak pernah tayang dalam episode Finding Your Roots.

Akibat penundaan ini, Finding Your Roots season 4 pun belum tentu akan diproduksi oleh PBS. Sebab, dalam pernyataannya, PBS ingin standar kebijakan redaksi Finding Your Roots kembali memuaskan dan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi sebelum memutuskan untuk melanjutkan season terbaru acara televisi tersebut.

PBS juga mengajukan permintaan bahwa apabila acara Finding Your Roots kembali dibuat dan ditayangkan, para kreatornya akan memperkerjakan fact-checker dan pakar genealogis independen. Episode tentang Ben Affleck pun akan dicabut dari rangkaian acara televisi Finding Your Roots.